Marianaramadhani's Blog

Sastra Bandingan (Perbandingan Romeo and Juliet dengan Laila Majnun)

Secara garis besar, cerita Romeo and Juliet dengan Laila Majnun memiliki persamaan, yaitu cerita cinta yang tak sampai dan berujung pada kematian. Di samping persamaan tersebut, terdapat beberapa perbedaan yang membedakan dua cerita tersebut.

Pertama, Romeo and Juliet berlatarkan di Verona, Italia. Laila Majnun, yang bertokohkan Qais dan Laila berlatarkan di Jazirah Arab. Sehingga budaya yang tersirat dalam cerita pun pasti berbeda.

Kedua, Romeo dan Juliet saling jatuh cinta pada saat bertemu di acara ulang tahun Juliet. Sedangkan Qais dan Laila bertemu dan saling jatuh cinta di Majlis Ilmu (sekolah).

Ketiga, cinta Romeo dengan Juliet terhalang oleh keluarga mereka yang saling bermusuhan yaitu keluarga Capulets dan keluarga Mountage. Hingga pada suatu hari, Romeo terlibat suatu peristiwa dengan salah satu keluarga Capulets dan menyebabkan kematian pada keluarga Romeo, yaitu keluarga Mountage. Romeo sangat dendam, akhirnya Romeo membunuh keluarga Capulets yang membunuh keluarganya tersebut. Akibatnya, Romeo pun dihukum dengan hukuman keluar dari Verona untuk selamanya. Sehingga Romeo dan Juliet terpisah, lalu Juliet hendak dinikahkan oleh orang tuanya, yaitu dengan Valiant Paris. Sedangkan di cerita Laila Majnun, Qais dan Laila terhalang cintanya karena bagi keluarga Laila, memadu cinta itu merupakan aib dan mencoreng nama baik keluarga. Laila pun akhirnya dipinggit dan mereka terpisah. Hal tersebut ternyata membuat Qais gelisah dan lama kelamaan dia menjadi gila (majnun) dengan terus bersajak dan memanggil-manggil nama Laila.  Melihat keadaan seperti itu, ayah Qais, Syed Omri yang merupakan orang kaya, terkenal, dan tersohor mencoba melamar Laila untuk Qais. Tetapi, keluarga Laila menolak dengan alasan malu mempunyai menantu yang gila (majnun).

Keempat, kedua orangtua Qais meninggal dunia. Sedangkan kedua orangtua Romeo tidak demikian.

Kelima, untuk mencegah pernikahan yang tidak diinginkan, Juliet meminum racun mati suri selama 2 hari. Sedangkan Laila dalam ceritanya, dinikahkan oleh orangtuanya.

Keenam, Romeo salah paham dengan Juliet, Romeo mengira Juliet telah meninggal dengan meminum racun dan Romeo pun ikut bunuh diri. Sebenarnya tidak, Juliet hanya mati suri. Saat terbangun, Juliet melihat Romeo meninggal, Juliet pun ikut bunuh diri. Sedangkan dalam Laila Majnun, Laila meninggal karena penyakitnya. Mendengar berita kematian Laila tersebut, Qais pergi menziarahi kubur Laila dan menangis sejadi-jadinya. Akhirnya, Qais meninggal sambil memeluk kubur Laila.

Iklan

« CORETAN KULIAH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: